BlogPemanfaatan Internet

Akses Tanpa Batas Di Sekolah Rujukan Smpn 2 Sinjai Tengah



SMP Negeri 2 Sinjai Tengah, yang beralamat di Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah merupakan salah satu penerima bantuan Wifi Nusantara program dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) KEMKOMINFO dan menggandeng PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN)   untuk menyediakan akses Internet dalam program USO (Universal Service Obligation). Wifi Nusantara ini ada di SMP Negeri 2 Sinjai Tengah sejak 2015, dan sangat membantu baik masyarakat yang ada di sekitar sekolah maupun para siswa dan guru dan staf di SMP Negeri 2 Sinjai Tengah.

Pemanfaatan Wifi Nusantara oleh Peserta Didik SMP Negeri 2 Sinjai Tengah

SMP Negeri 2 Sinjai Tengah yang sejak tahun 2016 ditetapkan sebagai Sekolah Rujukan Nasional di Kabupaten Sinjai semakin berkembang dengan adanya Wifi Nusantara ini. dengan adanya Wifi Nusantara ini pula, pada tahun 2017 SMP Negeri 2 Sinjai Tengah berani mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang kala itu tidak ada SMP di Kabupaten Sinjai yang berani melakukannya yang salah satu alasannya adalah minimnya bahkan tidak adanya akses internet di sekolahnya. Sebagai sekolah pelopor UNBK jenjang SMP di Kabupaten Sinjai, SMP Negeri 2 Sinjai Tengah patut berbangga tentunya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama dengan adanya Wifi Nusantara ini semua hal itu bisa terwujud.

Dalam hal kegiatan pembelajaran di kelas, dengan adanya Wifi Nusantara ini guru-guru sangat terbantu dalam menyediakan perangkat pembelajaran, seperti media pembelajaran dan referensi materi pembelajarannya itu sendiri. Guru-guru giat mengakses internet untuk menambah perbendaharaan mereka baik berkaitan dengan materi yang akan mereka ajarkan maupun mengenai informasi-informasi lainnya. Sedang bagi peserta didik, Wifi Nusantara ini sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas yang dibesikan oleh gurunya. dan dengan adanya Wifi Nusantara ini pula mendorong kami untuk membuka Kelas Digital yang sudah berjalan 2 tahun.

Pemanfaatan Wifi Nusantara oleh guru-guru SMP Negeri 2 Sinjai Tengah dalam membuat media pembelajaran

Untuk kegiatan administrasi di SMP Negeri 2 Sinjai Tengah,  Wifi Nusantara ini sangat berperan penting dimana pengiriman Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi lancar, pengiriman surat elektronik pun tidak terkendala sehingga tugas-tugas manajerial kepala sekolah pun menjadi terbantu.

Seperti yang saya tulis di awal bahwa Wifi Nusantara yang ada di SMP Negeri 2 Sinjai Tengah tidak hanya dinikmati atau dimanfaatkan oleh warga sekolah tapi juga masyarakat yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Berbagai latar belakang pengguna internet yang berasal dari warga sekitar diantaranya mahasiswa, peserta didik dari sekolah lain yang ada di Sinjai Tengah dan ibu-ibu rumah tangga serta wirausahawan. Untuk mahasiswa dan pelajar dari sekolah lain cenderung mengakses internet untuk mengerjakan tugas-tugas mereka disamping itu juga mengaakses media sosial, sedangkan ibu-ibu rumah tangga dan wirausahawan kebanyakan mengakses situs-situs toko online, dan hal ini pula berdampak positif pada pekembangan wirausaha khususnya penjualan barang secara online di sekitar lingkungan sekolah.

Harapan saya, dimasa mendatang program yang dikembangkan oleh BAKTI Kominfo ini tetap berlanjut dan semakin berkembang sehingga dapat menunjang perkembangan baik dari segi pendidikan maupun dari segi perekonomian masyarakat.

Penulis: Bustanil,S.Sos

Leave a Reply