BlogPotensi Desa

Galamai Hingga Karupuak Sanjai, Camilan Lezat Khas Sumatera Barat



Tak hanya Kelok 9 dan Jam Gadang-nya saja tersohor, Sumatera Barat dikenal memiliki aneka sajian yang nikmat dan kaya rasa. Perpaduan bumbu melimpah dengan bahan-bahan tradisional menghasilkan cita rasa masakan yang bisa bikin siapa pun tak berhenti untuk menyantapnya.

Sebut saja rendang, dendeng balado, hingga sajian itiak lado hijau. Saking lezatnya, beberapa makanan khas Sumatera Barat ini telah berhasil menembus pasar internasional dengan rasa yang tak kalah lezat dari makanan negara lain.

Selain makanannya, Provinsi Sumatera Barat juga memiliki segelintir camilan khas yang tak boleh kamu lewatkan. Mulai dari camilan manis, pedas, dan gurih sangat cocok disantap sembari menikmati pemandangan indah Sumatera Barat.

Galamai

Galamai merupakan dodol khas Sumatera Barat yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula yang dimasak hingga mengental. Sedikit berbeda dengan dodol khas Jawa, galamai diberi taburan kacang tanah sangrai yang memberikan tekstur renyah saat digigit.

Dibuat secara beramai-ramai, galamai sering disajikan sebagai suguhan saat hajatan, acara keagamaan, dan hari raya Idul Fitri.

Kue sapik

Sekilas, kue sapik terlihat serupa dengan kue semprong. Bedanya, kue sapik tidak digulung melainkan dilipat berbentuk segi tiga atau persegi panjang.
Bertekstur renyah dengan rasa manis yang tidak terlalu mendominasi, kue sapik merupakan jajanan yang wajib ada saat ada acara besar di Sumatera Barat.

Kue basung

Kue basung merupakan jajanan manis dari tepung beras, gula merah, santan, dan sedikit garam yang dikukus. Dicetak menggunakan daun pisang berbentuk kerucut, kue basung memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang pas di lidah.

Sumber: Kumparan & Google

Leave a Reply