BlogPemanfaatan Internet

Kemerdekaan Akses Internet Tanpa Batas Di Tapal Batas Laut Cina Selatan



Kecamatan Palmatak salah satu kecamatan terluar yang terletak di Kabupaten Kepulauuan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapore dan Laut Cina Selatan. yang juga memiliki salah satu cadangan minyak dan gas terbesar di dunia. Akan tetapi pada umumnya tidak memiliki akses internet yang memadai, sehingga memang perlu dibangun Pala Ring Barat yang sedang berlangsung saat ini.

Kecamatan Palmatak terdiri dari pulau – pulau dan 15 (lima belas) desa yaitu Desa Putik, Desa Ladan, Desa Tebang, desa Candi, Desa Piabung, Desa Batu Ampar, Desa Payalaman, Desa Payamaram, Desa Langir, Desa Matak, Desa Mubur, Desa Piasan, Desa Pianpasir serta Desa Wisata Belibak. Diantaranya pulau – pulaunya merupakan potensi tempat wisata contohnya, Pulau Nongkat, Pulau Kelong, Pulau Penjalin, dan Durai. Kecamatan Palmatak juga memiliki 15 (lima belas) SD, 1 (satu) MIS, 1 (satu) Sekolah Menengah Pertama, 1 (satu) MTS, 2 (dua) Sekolah Menengah Atas, 1 (satu) SMK dan 1 MA, dan sekarang hampir semua telah dapat mengakses Internet tanpa batas 24 (dua puluh empat) jam secara gratis menggunakan pasilitas yang diberikan oleh Pemerintah melalui Wifi nusantara. Dengan demikian diharapkan desa – desa di Kecamatan Palmatak dapat lebih maju dan bekembang secara fisik dan mental sehingga tercapai dan terwujud Revolusi Mental yang merupakan salah satu tujuan Nawacita Presiden republik Indonesia saar ini Presiden Jokowidodo.

Akses internet memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang berada didaerah terluar Indonesia untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan secara cepat dan akurat serta dapat memperkenalkan daerah ini keseluruh Indonesia dan Penjuru dunia. Dengan Sumber Daya Alam yang melimpah yang merupakan penyumbang APBN memang pantas jika Kecamatan Palmatak dan sekitarnya mendapatkan akses Internet yang bebas dan cepat 24 (dua puluh empat) jam non stop.

Sebelumnya pernah ada program dari Pemerintah gunamenyediakan akses Internet secara Bebas dan tanpa batas yaitu dengan Mobil Internet Keliling, dan sekarang program itu dilanjutkan oleh Pemerintah sekarang yaitu dengan program Wifi Nusantara, yang akses internetnya lebh baik dan lebih cepat dengan kecepat awal 2 Mbps dan sekarang di tingkatkan 3 Mbps. Tentu saja ini sangat membantu warga dan masyarakat yang berada di sekitar terpasangnya Wifi Nusantara yaitu Kantor Kecamatan Palmatak.

Wifi Nusantara yang berada di Kantor Kecamatan Palmatak dapat membantu pekerjaan – pekerjaan para staf Kecamatan yang membutuhkan jaringan internet. Seperti melaporkan LHKPN, Melaporkan Pajak Tahunan, Membayar Pajak, Mengirim E-Mail, Mengirim pesan dan juga membantu para warga yang akan mendaftarkan CPNS secara on-line.

Selain itu masyarakat disekitar juga dapat menggunakannya seperti untuk belanja on-line, sosial media, mempromosikan produk lokal serta membantu para murid – murid mencari informasi guna menyelesaikan tugas – tugas sekolah dan sebagainya, karena Wifi Nusantara dihidupkan 24 (dua puluh empat) jam non stop. Semoga Program Wifi Nusantara ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan kapasitasnya walaupun tahun 2019 telah berganti Presiden.

Demikianlah  tuliasn ini saya buat semoga dapat digunakan dengan sebaik-sebaiknya. Jika ada jarum yang patah, jangan disimpan didalam peti, jika ada kata yang salah jangan disimpan dalam hati.

Penulis: Hadiyatulhamdi

Leave a Reply