BlogPemanfaatan Internet

Wifinusantara Wujud Kemerdekaan Akses Tanpa Batas Di Jorong Jambak



Sebagai Operator Sekolah yang sudah mengabdi sejak tahun 2012, bagi kami hal yang berhubungan dengan internet sudah makanan sehari-hari. Mulai dari melakukan perjalanan jauh ke Ibu Kota Kabupaten hanya untuk sekedar mencari sinyal atau tidak tidur sepanjang malam hanya untuk mengerjakan deadline data sekolah, atau bahkan kombinasi dari keduanya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kami. Bagaimana tidak, akses internet yang sangat kami butuhkan untuk pengentry-an dan pengiriman data hanya ada di daerah-daerah tertentu yang sarana internetnya lancar.

Tapi demi sebuah pengabdian, kami yang tergabung dalam Operator Sekolah, atau yang sekarang disebut dengan FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia), tidak pernah patah semangat untuk memperjuangkan data sekolah, walau kendala-kendala yang kami hadapi selama ini sudah kami sampaikan bahkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tapi sampai saat ini belum membuahkan hasil yang sepadan, meski sudah beberapa kali berganti Menteri.

Hingga pada suatu hari, sebuah parabola dengan ukuran lebih besar dari parabola penangkap sinyal saluran televisi, bertuliskan PSN hadir di SD Negeri 17 Pasaman, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Yap! Ini seperti harapan kami yang terkabulkan dan mewakili salah satu kebutuhan kami yakni akses internet. Yang lebih hebatnya lagi, ternyata Wifinusantara tidak hanya diperuntukkan bagi warga sekolah, tapi juga bisa diakses dengan gratis oleh masyarakat sekitar yang tentunya masih dalam radius untuk mendapatkan sinyal Wifinusantara. Bahkan kantor Nagari kami yang baru dimekarkan yakni Nagari Persiapan Lingkuang Aua Jambak juga selalu memanfaatkan akses Wifinusantara disetiap kegiatan pelayanannya.

Sejak Wifinusantara ada di daerah kami, fasilitas umum yang ada disekitar radius Wifinusantara selalu ramai, mulai dari Pekarangan Sekolah, Lapangan Sepak Bola, Halaman Kantor Nagari, sampai di Halte Bis. Terlebih lagi bagi anak-anak usia sekolah. Mulai dari sore sampai menjelang jam tidur mereka selalu nampak meraimaikan fasilitas umum hanya untuk mengakses internet dengan Wifinusantara. Ada yang mencari tugas sekolah, ada yang sekedar mengutak-atik media sosial, ada yang main game online, ada yang mengerjakan pekerjaan kantor seperti pengiriman data, dan ada juga yang seperti saya sibuk mencari tutorial-tutorial apa saja yang ingin saya pelajari.

MANFAAT WIFINUSANTARA DI DUNIA PENDIDIKAN

Sesuai Kurikulum Pendidikan 2013 yang saat ini masih dilaksanakan secara bertahap di seluruh Sekolah di Indonesia, majelis guru dituntut semakin profesional dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar. Majelis guru juga dituntut semakin kreatif dan inovatif dalam memilih media pembelajaran yang kekinian. Kurikulum Pendidikan sudah menggiring pelakunya untuk semakin menghidupkan suasana diruang belajar. Guru tidak seperti dulu lagi yang lebih dominan dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Disinilah peran Wifinusantara mengambil tempat terpenting dalam mengembangkan media pembelajaran di SD Negeri 17 Pasaman.

Dengan media internet, belajar bisa dimana saja

Selain itu, profesi kami sebagai Operator Sekolah juga sangat terdukung dengan adanya Wifinusantara. Seperti cerita diawal, seorang Operator Sekolah harus menghadapi kendala terpahit jika tidak terkoneksi dengan internet. Apalagi zaman sekarang penyebaran informasi dituntut serba cepat. Segala instruksi turun ke Operator Sekolah melalui aplikasi Whatsapp. Karena jika menunggu surat dari Dinas terkait, informasi akan sangat terlambat sampai kepada kami. Keterlambatan bahkan bisa lebih dari satu minggu lamanya.

Sinkronisasi dapodik sekolah lebih akurat dengan Wifinusantara

MANFAAT WIFINUSANTARA BAGI KENAGARIAN/ DESA

Tetangga terdekat SD Negeri 17 Pasaman adalah Pemerintah Kenagarian Persiapan Lingkuang Aua Jambak. Nagari ini merupakan nagari yang baru dimekarkan lebih kurang satu tahun, dan menjadi salah satu dari tujuh Nagari yang dimekarkan dari Nagari Induknya yakni Nagari Lingkuang Aua.

Kantor Nagari Persiapan Lingkuang Aua Jambak

Lalu peran apa yang diberikan Wifinusantara kepada Kenagarian?

Hampir disegala bidang, Kenagarian membutuhkan akses internet, terutama untuk update keadaan penduduk disetiap bulannya, posting progres pembangunan nagari dan akses ke Siskeudes. Sama juga seperti instansi-instansi lainnya, dimana informasi lebih cepat masuk ke aplikasi Whatsapp ketimbang menunggu surat dinasnya. Pelayanan Catatan Sipil keliling juga sangat terbantu dengan adanya Wifinusantara.

Pelayanan Catatan Sipil Keliling secara online lebih cepat dengan Wifinusantara

Saya sendiri dulunya adalah seorang Operator Sekolah yang sekarang sudah ditugaskan di Kenagarian sebagai Kepala Urusan. Namun demikian, tugas saya sebagai Operator Sekolah masih berjalan seiring tugas pokok saya di Kenagarian. Dengan hadirnya Wifinusantara di daerah kami, mungkin sayalah orang yang paling rajin memanfaatkan internet. Kadang kala saya berkunjung ke SD Negeri 17 Pasaman hanya untuk sekedar melihat kondisi perangkat Wifinusantara apakah mengalami gangguan atau tidak.

MANFAAT WIFINUSANTARA BAGI MASYARAKAT

Masyarakat daerah kami yakni Kejorongan Jambak adalah masyarakat yang heterogen. Berbagai suku, ras dan agama bisa ditemui disini. Beragam profesi masyarakat sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Mayoritas masyarakat Jambak adalah petani/ pekebun. Karena memang awal mula sejarah berdirinya Jorong Jambak ini adalah dibukanya lahan perkebunan PIR-BUN Ophir pada tahun 1980-an, dimasa Pemerintahan Presiden Soeharto.

Namun demikian, profesi lain yang tidak kalah pentingnya adalah pedagang. Perdagangan sendiri seperti yang kita lihat saat ini sudah berkembang. Apapun jenis dagangan bisa dipromosikan melalui media sosial ataupun media dagang online lainnya. Khusus di radius Wifinusantara, toko-toko busana sangat gencar melakukan promosi melalui media internet.

Adalagi pedagang makanan dan minuman ringan. Wifinusantara menjadi keuntungan tersendiri bagi pedagang, karena orang-orang lebih cenderung memilih tempat makan atau sekedar nongkrong bareng untuk minum-minum yang ada hotspot gratisnya.

Wifinusantara sudah menyentuh segala aspek kehidupan masyarakat di Kejorongan Jambak. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh Sekolah tempat dimana Wifinusantara di pasang saja, tapi juga sangat mendukung dalam Pembangunan Pemerintahan Nagari, instansi-instansi non Pemerintahan, dan bahkan setiap lapisan masyarakat juga bisa memanfaatkannya langsung dengan gratis. Mudah-mudahan dengan dukungan fasilitas internet dari Wifinusantara ini, Nagari Persiapan Lingkuang Aua Jambak bisa secepatnya defenitif (mandiri) sehingga Pembangunan Nagari bisa lebih merata dan dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat. Dan yang masih menjadi PR bagi kami adalah bagaimana Wifinusantara ini bisa lebih diperluas jangkauannya dan diperbesar bitratenya, sehingga Kemerdekaan Akses Tanpa Batas sebagai motto dari Program Wifinusantara bisa semakin memberi inspirasi bagi kami masyarakat Jorong Jambak.

Itulah sepenggal cerita kami dalam memanfaatkan Wifinusantara bagi kehidupan sehari-hari. Cerita ini mungkin tidak semenarik cerita teman-teman di daerah pelosok atau daerah-daerah perbatasan di seluruh Indonesia lainnya yang juga menerima bantuan Wifinusantara. Paling tidak ini sebagai gambaran kegembiraan kami dalam memanfaatkan Wifinusantara. Akhir kata kami sangat berterima kasih kepada Kominfo, BAKTI, dan PT. PSN sebagai pelaksana Program Wifinusantara di SD Negeri 17 Pasaman sebagai wujud KEMERDEKAAN AKSES TANPA BATAS diseluruh wilayah Nusantara tercinta.

Penulis: Andy Permana

Leave a Reply